Top Download

Senin, 08 Oktober 2012

Hindu - Filsafat Spiritualisme

Pemikiran spiritualisme Hindu adalah konsep karma yang berarti setiap individu telah dilahirkan kembali secara berulang dalam bentuk manusia atau binatang sehingga ia menjadi suci dan sempurna sebagai bagian dari jiwa universal (reinkarnasi) yang pada akhirnya karma akan menentukan statusnya sebagai seorang anggota suatu kasta. Poedjawijatna (1986:54) mengatakan bahwa para ahli pikir (filosof) Hindu berfikir mencari jalan untuk lepas dari ikatan duniawi agar bisa masuk ke dalam kebebasan (yang bagi mereka) suatu kesempurnaan.

Di samping filosof-filosof yunani, filosof-filosof Hindu pun sangat berperan dalan dunia berfikir (Filsafat). Filsafat Hindu juga benar-benar merasakan bahwa dunia (alam) ini penuh rahasia dan manusia yang terdapat di dalam alam semesta merupakan suatu yang amat kecil namun memiliki arti dan nilai yang sangat besar bagi kehidupan. Karena itu manusia didorong untuk menyelidiki dan memahami alam semesta dan segala isinya.

Agama Hindu yang politheisme tersebut telah berkembang selama ribuan tahun dan mempunyai banyak dewa yang dipuja, tetapi hanya ada tiga dewa utama yaitu Brahmana (Brahma), Shiwa (Shiva), dan Wishnu (Vishnu). Hinduisme merupakan kepercayaan yang sangat populer di India, penganutnya di india sekitar 450 juta dari semua jumlah 520 juta penganutnya diseluruh dunia (Poedjawijatna, 1986:54).

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2011. Charlie Chaplin . All Rights Reserved
Home | Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Site map
Design by Herdiansyah . Published by Borneo Templates