Top Download

Minggu, 30 September 2012

Aristoteles

Aristoteles adalah murid Plato yang melanjutkan tradisi gurunya sebagai ahli filsafat yang juga memberikan pelajaran-pelajaran dengan membuka sekolah. Dia dilahirkan di kota Stagira (Stageira), sebuah perkampungan Yunani di pantai Macedonia, pada tahun 384 SM dan meninggal pada tahun 322 SM.

Pada umur 18 tahun Aristoteles pergi ke Athena dan belajar pada Plato untuk kira-kira 20 tahun lamanya, hanya setelah Plato meninggal Aristoteles pun meninggalkan Athena. Dia mengembara ke Asia Kecil dan kemudian kembali lagi ke Macedonia sebagai guru dari Iskandar Agung atau (Alexander yang Agung). Rupaya Aristoteles ini banyak berhubungan dengan penguasa di Macedonia, karena pengaruh dari ayahnya yang seorang dokter di istana Macedonia.

Pada waktu itu pengetahuan dan minat Aristoteles seakan tiada terbatas, tulisan-tulisannya meliputi bidang-bidang yang amat luas, diantaranya Teologi, Metafisika, Etika, Ekonomi, Politik, Pemerintahan, Fisika, Puisi, Teater, Musik, Retorika, Biologi dan Zoologi. Pengetahuan Logika yang pada prinsipnya masih dilanjutkan sampai sekarang menurut caranya berasal dari Aristoteles.

Hasil karyanya di bidang politik adalah dengan buku Politica_nya, buku ini sebenarnya bukanlah sebuah buku yang ditulis utuh dan belum selesai untuk diterbitkan. Buku tersebut cenderung merupakan catatan-catatan yang dipergunakan oleh Aristoteles untuk memberikan kuliah di sekolahnya yang bernama Lyceum. Buku ini juga terpelihara oleh universitas-universitas Islam di Spanyol pada masa Eropa diselubungi kegelapan di Abad pertengahan.

Aristoteles pernah melakukan penelitian (research) konstitusi, yang diteliti sekitar 158 konstitusi, tetapi hanya satu konstitusi yang terwariskan kepada kita, yaitu konstitusi Athena dan itu juga ditemukan pada zaman modern pada tahun 1891.

Salah Satu kerangka berpikir yang menjadi sumbangan penting Aristoteles adalah Silogisme yang dapat digunakan dalam menarik kesimpulan yang baru yang tepat dari dua kebenaran yang telah ada. Misalnya ada dua pernyataan (premis):
  1. Setiap manusia pasti akan mati (premis mayor).
  2. Plato adalah manusia (premis minor)
  3. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa Plato pasti akan mati

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2011. Charlie Chaplin . All Rights Reserved
Home | Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Site map
Design by Herdiansyah . Published by Borneo Templates