Top Download

Minggu, 30 September 2012

Athena - Yunani

Athena terletak di sebelah tenggara daratan yunani, dibangun di sekitar acropolis. Semula akropolis adalah benteng yang dibangun di atas bukit untuk tempat perlindungan pada saat bahaya serangan musuh sedang mengancam. Tetapi kemudian acropolis menjadi tempat membangun kuil-kuil. Acropolis adalah kata majemuk yang bersal dari bahasa yunani, “akros” yang berarti tertinggi atau puncak dan “polis” yang berarti kota.


Athena beriklim sedang dan kering, suhu rata-rata sekitar 7 derajat celcius pada musim dingin dan 27 derajat celcius pada musim panas. Negara kota Athena memiliki ladang yang sangat luas di sekeliling kotanya. Bercocok tanam adalah mata pencaharian yang paling mulia bagi orang Athena. Mereka menanam gandum dan sayur-sayuran seperti kacang-kacangan, bawang merah, bawang putih dan bawang perai. Selain itu meraka banyak menanam apel, delima, ara, kurma, zaitun dan lain sebagainya. Ada juga orang Athena yang memelihara domba, namun pekerjaan menggembala tidaklah semulia bertani. Kuda hampir tidak terdapat di Athena, demikian juga lembu merupakan hewan yang amat langka.

Walaupun bertani merupakan pekerjaan yang paling mulia di mata orang Athena, namun bukan pertanianlah yang membuat Negara kota Athena menjadi makmur. Yang menjadikan Athena makmur adalah pertambangan perak di Laurium yang mulai diusahakan sejak awal abad ke-5 SM yang menghasilkan perak sangat berlimpah.

Pertambangan perak itu pulalah yang menjadi dasar utama dan penunjang yang paling penting bagi seluruh kebijaksanaan keuangan di masa pemerintahan Pericles.

Bidang industry dan niaga yang juga ikut memakmurkan Athena  pada umumnya berada di tangan para pengusaha asing, walau tentu saja ada pengusaha warga Athena sendiri. Pengusaha asing itu adalah orang-orang bebas namun mereka tidak memiliki hak dan kewajiban yang sama dalam bidang politik dengan warga Negara.

Para pengusaha asing itu pada umumnya mengelola industry sepatu, perabot rumah tangga dll., bahkan ada juga yang mengelola industri senjata. Pabrik yang dibangun pada masa itu tidaklah sebesar pabrik yang dibangun pada masa kini. Pabrik perisai yang terbesar di Athena pada waktu itu hanya memiliki buruh sejumlah seratus dua puluh orang, tetapi yang patut dicatat adalah pembagian kerja yang teratur dan penempatan tenaga kerja sesuai dengan keahliannya telah diterapkan dengan baik. Usaha perbankan di Athena tidak begitu berkembang, hanya ada beberapa bank kecil yang diusahakan oleh pihak swata.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2011. Charlie Chaplin . All Rights Reserved
Home | Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Site map
Design by Herdiansyah . Published by Borneo Templates