Top Download

Minggu, 30 September 2012

Plato

Tempat dan tahun kelahiran Plato yang sesungguhnya tidak diketahui dengan pasti. Ada yang mengatakan plato lahir di Athena, ada juga yang mengatakan ia lahir di pulau Aegina. Demikian juga dengan tahun kelahirannya, ada yang mengatakan ia lahir 428 SM, ada juga yang mengatakan ia lahir 427 SM. Yang pasti adalah plato lahir dalam suatu keluarga aristocrat Athena yang turun-temurun memiliki peranan yang amat penting dalam kehidupan politik di Athena.

Ayahnya bernama Ariston, seorang bangsawan keturunan raja Kodrus, raja terakhir Athena yang hidup sekitar 1068 SM yang sangat dikagumi rakyatnya oleh karena kecakapan dan kebijaksanaannya memerintah Athena.

Ibunya bernama Periktione keturunan Solon, tokoh legendaries dan negarawan besar Athena yang hidup sekitar seratus tahun lebih awal dari Periktione.

Nama Plato yang sebenarnya adalah Aristokles, karena dahi dan bahunya yang sangat lebar, ia memperoleh julukan “Plato” dari seorang pelatih senamnya. Plato dalam bahasa yunani berasal dari kata benda “platos” yang berarti kelebarannya/lebarnya dan dibentuk dari kata sifat “platus” yang berarti lebar. Dengan demikian nama “Plato” berarti “Si Lebar”.

Julukan yang diberikan oleh pelatih senamnya itu begitu sangat cepat popular dan menjadi panggilannya sehari-hari, bahkan menjadi nama resmi yang diabadikannya lewat seluruh karyanya.

Ketika Plato masih kecil ayahnya meninggal, ibunya kemudian menikah lagi dengan paman Plato yang bernama Pyrilampes. Paman yang menjadi ayah tiri Plato itu adalah seorang tokoh yang disegani di Athena karena ia adalah seorang politikus yang dekat dengan Pericles, pemimpin dan negarawan besar Athena yang meninggal pada 427 SM. Plato dibesarkan dan dididik oleh Pyrilampes , Plato kemudian meninggal di Athena pada usia 80 tahun dan selama hidupnya ia tidak pernah menikah.

Plato lahir ketika puncak kejayaan pemerintahan demokratis Athena yang berada di bawah pimpinan Pericles baru saja berlalu. Ia dilahirkan dan tumbuh menjadi dewasa pada saat perang Peloponnesos sedang berkobar. Ia menyaksikan kekalahan Athena dalam perang Peloponesos itu pada 404 SM.

Hasil karya tulisannya yang cukup banyak dan yang sebagian besar ditulis dalam bentuk dialog dengan gaya bahasa yang sangat indah dan menawan hati, Plato bukan hanya terkenal sebagai seorang filsuf yang besar tetapi juga sebagai seorang sastrawan yang mengagumkan. Semua karya tulis Plato yang diwariskannya kepada kita masih cukup lengkap dan dalam kondisi yang baik.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2011. Charlie Chaplin . All Rights Reserved
Home | Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Site map
Design by Herdiansyah . Published by Borneo Templates